Sabtu, 02 Mei 2015

KASUS MENGENAI SUMBER DAYA ALAM




(Sumber: google)
Ekspoitasi sumber daya alam yang berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya berbagai macam kerusakan lingkungan. Salah satu contoh eksploitasi sumber daya alam adalah maraknya kegiatan penebangan hutan secara liar. Kegiatan tersebut banyak dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada lingkungan dan dapat mengakibatkan terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, banjir serta pemanasan global. Tanah longsor dapat diakibatkan adanya penebangan hutan secara liar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain dapat mengakibatkan terjadinya tanah longsor, penebangan hutan secara liar juga dapat menyebabkan teradinya banjir saat musim hujan tiba. Hal ini disebabkan karena lahan hutan-hutan yang ditebang secara liar banyak yang dijadikan sebagai area bangunan sehingga mengurangi lahan serapan air. Penebangan hutan secara liar juga dapat menyebabkan teradinya pemanasan global karena berkurangnya pohon-pohon yang dapat menyerap polusi CO2.
Permasalahan eksploitasi terhadap sumber daya alam dapat membawa pengaruh terhadap. Selain untuk menjaga kelangsungan hidup masyarakat, perlu juga untuk menjaga kelesatarian sumber daya alam sehingga alam tidak kehilangan fungsinya sebagai pengendali keseimbangan dalam kehidupan. Hal ini disebabkan karena manusia pasti membutuhkan sumber daya alam untuk kelangsungan hidupnya.
Sumber:
http://www.academia.edu/5516745/EKSPLOITASI_DAN_EKSPLORASI_SUMBER_DAYA_MINERAL_DAN_STRATEGI_PENGOLAHAN_SUMBERDAYA_MINRAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar